Selasa, 29 Maret 2011

Name : Jennifer Class : E Student Number : 180410100170 Subject : Essay Writing ­
Sundanese Marriage Ceremony
Marriage is a processing of joining together of a man and a woman as a family. Every region have some form of wedding ceremony, their wedding customs are different in many ways because of different backgrounds, religions, and cultures. In other side, every nation has some different rules in marriage. However, they have same process in civil marriage ceremony. Of course, marriage is a sacred ceremony that’s hoped once all one’s life. There are many type of marriage. It’s begun from simple type until more complicated type (use custom ceremony). For example, this sundanese bridal ceremony is complicated type. Sundanese cultural riches can be visible from bridal ceremony custom too, that’s coloured by humour but doesn’t lose sacred and holy nuance. There are several programs that must be done before they go on the marriage. It’s begun from preserving word (neundeun omong), proposal (narosan), engagement (tunangan), giving some gifts (seserahan), ngaras, ngeuyeuk seureuh, religion marriage ceremony (akad nikah) and civil marriage ceremony. The steps must be done sequencely, because they are rules of the custom. Sundanese people always keep the custom as their society rules. Some moslems who have high religiousness are denying some cultural custom of marriage. They do the marriage process just the same like Muhammad SAW. as their prophet. They have an opinion that mixing culture and religion can destroy pure manners of religion and make a new belief out of their religion. If you are moslem sundanese and want to marry your partner, you should learn about essential of the marriage and marriage ceremony. You should know about essential of cultural marriage ceremony and religion marriage ceremony. Then, you will know the reason why you do something, and everything which you do can’t be useless.

Minggu, 20 Maret 2011

overdosis vitamin

Terkadang orang masih terus mengonsumsi suplemen vitamin meskipun kebutuhan vitamin dalam tubuhnya telah terpenuhi. Akibatnya sering terjadi kondisi overdosis vitamin. Apa saja tanda-tanda overdosis vitamin? Vitamin adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup oleh tubuh manusia untuk menjalankan fungsi tertentu. Namun, jika tubuh kelebihan vitamin alias overdosis justru akan menimbulkan efek sampingyang buruk.Vitamin diklasifikasikan manjadi dua, yaitu yang larut dalam air (vitamin b dan c) dan larut dalam lemak (vitamin a, d, e dan k). Semua vitamin diperoleh dari sumber tumbuhan dan hewan, atau keduanya.Tidak adanya vitamin dalam tubuh dapat menimbulkan suatu kondisi yang dikenal sebagai defisiensi vitamin (kekurangan vitamin).Beberapa penyakit dari defisiensi vitamin menunjukkan kondisi medis yang cukup parah, dan karenanya orang disarankan untuk melakukan diet seimbang untuk mencegah kondisi ini. Ada juga tersedia suplemen vitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.Kondisi overdosis vitamin muncul ketika ada kelebihan asupan salah satu vitamin. Kondisi ini juga dikenal sebagai keracunan vitamin, karena kelebihan vitamin dalam tubuh menimbulkan beberapa efek samping.Overdosis vitamin yang larut dalam lemak menimbulkan efek samping yang lebih serius dibandingkan dengan vitamin yang larut dalam air.Hal ini karena, kelebihan vitamin yang larut dalam air bisa diatasi dengan banyak minum dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin. Ini bertentangan dengan vitamin yang larut dalam lemak.Seperti dilansir vitamins-nutrition.org, gejala-gejala overdosis atau keracunan vitamin tergantung pada jumlah vitamin yang berlebih.


Overdosis Vitamin A
vitamin a adalah vitamin larut lemak yang penting bagi penglihatan normal dan produksi sel di dalam tubuh.
Gejala overdosis vitamin a:
1. Penglihatan kabur
2. Pusing
3. Keadaan pingsan
4. Haid tidak teratur
5. Mual
6. Insomnia
7. Diare
8. Ruam kulit
9. Nyeri sendi
10. Sakit kepala


Overdosis Vitamin B
vitamin b, juga dikenal sebagai b kompleks, adalah satu set vitamin b1 (thiamin), b2 (riboflavin), b3 (niacin), b6 (pyridoxine), b9 (asam folat), dan b12 (cobalamin).
Gejala overdosis vitamin b:
1. Susah bernapas
2. Nyeri dengan sensai terbakar
3. Mati rasa di kaki dan tangan
4. Kehilangan koordinasi otot
5. Sakit kepala
6. Depresi
7. Kelumpuhan


Overdosis Vitamin C
vitamin c atau asam askorbat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga untuk menyembuhkan luka lebih cepat.
Gejala overdosis vitamin c:
1. Sariawan
2. Batu ginjal
3. Diare
4. Sakit perut
5. Badan panas
6. Sakit perut
7. Insomnia


Overdosis Vitamin D
vitamin d atau calciferol diperlukan untuk penyerapan kalsium serta pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dalam tubuh.
Gejala overdosis vitamin d:
1. Kelemahan otot
2. Sakit kepala
3. Tuli
4. Kehilangan nafsu makan
5. Mual
6. Kelelahan
7. Muntah
8. Nyeri tulang


Overdosis Vitamin E
vitamin e merupakan antioksidan penting yang juga diperlukan untuk reproduksi normal pada manusia.
Gejala overdosis vitamin e adalah:
1. Hipertensi
2. Kelemahan otot
3. Kelelahan
4. Payudara lunak
5. Lambat penyembuhan luka


Overdosis Vitamin K
vitamin k merupakan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena membantu dalam penggumpalan darah.
Gejala overdosis vitamin k meliputi:
1. Mual
2. Muntah
3. Anemia
4. Diare
5. Ruam kulit


jika ada gejala yang disebutkan di atas, pengobatan overdosis vitamin sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Karena sebagian besar gejalanya seperti gejala medisyang lain, maka penting untuk didiagnosa dengan baik.

Segera hentikan asupan suplemen vitamin adalah langkah utama dalam mengobati overdosis vitamin. Kedua, dokter mungkin menyarankan untuk menghindari makan makanan yang tinggi kadar vitamin masing-masing. Ketiga, dokter mungkin meresepkan beberapa obat yang membantu dalam mengobati gejala overdosis vitamin.
Gejala overdosis vitamin dapat diobati jika tepat waktu dan perawatan yang tepat dilakukan. Sebagai tindakan pencegahan, perlu juga untuk memeriksa label multivitamin dan suplemen untuk agar lebih aman.

source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7495084

Sabtu, 19 Maret 2011

catatan reading for gist (berantakan version)

1. Frasa nomina : the smart children

2. Frasa verba : clumsily go

3. Frasa preposisi : (prep+noun)

4. Frasa adjektiva : uniquely beautiful

5. Frasa adverbial : extremely fast

- I heard the band sing = tuntas
- I heard the band singing = setengah-setengah
- I heard the band to sing = yg nyanyi “I”

Pelengkap=keterangan ex: adjective setelah to be
Wajib ada

Stand/up
Verb/particle

Thesaurus: proverb

Clause: berapa kata kerja yang terkena tenses?
Syarat: ada konjungsi

The castle built 500 years ago as ordered by the Prince of Persia to commemorate the sacrifice of his beloved queen remained untouched.

Red colour=verb

Thus=adverb

Who = conj sekaligus subyek

- kalo ga ada kata sambung, gak bakal jadi klausa
- kata sambung that boleh dihilangkan
- adjective=anak gak boleh jauh dari emaknya, adverb=udah gede boleh jauh dari emak
- benda dijelaskan oleh kata sifat, bukan benda dijelaskan oleh adverb
- penyisipan subyek ke klausa berikutnya itu frasa nomina berikut keterangannya
ex: The man in green is Fatra. Pendapat 1: The man in green = frasa nomina. Pendapat 2: The man = FN, in green = F.Prep

preposisi
in, on, at, of, off, by, behind, beside, beyond, below, upon, up, into, out, out of, let alone(boro-boro, apalagi), save(kecuali), and, or, but, before, which, with, when, of, without, before(prep/conj), with+which
+ nomina













Theme/rhyme
Transitivity

Formal: bayi lahir (blank slate) : Noam Chomsky
Societal : sociolinguistic, etnolinguistic,
Communicational : media
Cognitive : image schema, frame, prototype, metaphor

Metafora adalah alat dalam benak untuk mengorganisasi pengetahuan, melalui pengetahuan, melalui pengetahuan yang sudah ada.

Slide catatan

ini adalah catatan saya yang saya buat format power point.

1. ini adalah catatan penulisan akademik berupa kata pengantar
http://www.mediafire.com/file/jmjj2sh5matfgdo/C%3A%5CDocuments%20and%20Settings%5Camanah%5CMy%20Documents%5CKata%20Pengantar.ppt

2. ini adalah catatan reading for gist berupa reading clue
http://www.mediafire.com/file/ac81ru0a99r4qnc/C%3A%5CDocuments%20and%20Settings%5Camanah%5CMy%20Documents%5CREADING%20CLUE.ppt

3. ini adalah catatan reading for gist secara general
http://www.mediafire.com/file/z0gks5zttg1zx0h/C%3A%5CDocuments%20and%20Settings%5Camanah%5CMy%20Documents%5CReading%20for%20Gist.ppt

Rabu, 02 Februari 2011

2.000 Beasiswa Unggulan Telah Menunggu

Editor: Latief
Sabtu, 29 Januari 2011

KOMPAS.com - Setidaknya 2.000 calon mahasiswa unggulan dari seluruh Indonesia ditargetkan menerima beasiswa dari Program Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011. Apakah Anda salah satunya?
Program beasiswa yang sudah dijalankan oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sejak 2006 lalu itu ditujukan untuk calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-1 sampai S-3. Selain itu, kerja sama dengan berbagai pihak juga akan dilakukan agar dapat menjaring jumlah penerima beasiswa yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.
"Target 2011 yaitu sekitar 2.000 mahasiswa untuk mahasiswa baru, tapi melalui pola kerja sama dengan pihak lain memungkinkan sampai 2.500 mahasiswa jenjang S-1 sampai S-3," kata Koordinator Program Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional AB Susanto, Selasa (25/01/2011) lalu.
Adapun, 5 sampai 10 persen dari total keseluruhan jumlah itu ditujukan untuk pelamar yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri. Hanya, penerima Program Beasiswa Unggulan sampai saat ini masih berpusat di wilayah Pulau Jawa kendatipun sudah ada yang berasal dari luar Jawa seperti Ambon, Aceh, dan Kalimantan.
Diakui, hambatan menjaring mahasiswa di luar Pulau Jawa adalah soal persyaratan. Ada syarat IPK, TOEFL, atau kejuaraan, dan itu yang jarang sekali dipunyai oleh mahasiswa dari luar Jawa.
Namun demikian, usaha untuk mengundang lebih banyak mahasiswa dari luar Pulau Jawa, termasuk mahasiswa dari Indonesia bagian Timur tetap dilakukan. Dikti Kemdiknas akan bekerja sama dengan pihak-pihak ketiga. Artinya, pihak swasta yang nanti akan ditujukan ke mahasiswa yang ada di Indonesia bagian Timur seperti di Papua, NTT, Sulawesi, dan Maluku.
Sebagai catatan, seperti yang dituturkan AB Susanto, untuk mencapai target 2.000 sampai 2.500 mahasiswa baru tersebut sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 127 Miliar. Hal itu agar ada kesempatan yang semakin luas bagi orang-orang yang memiliki prestasi unggul untuk bisa kuliah di dalam maupun luar negeri.
Selebihnya, diharapkan para alumni penerima beasiswa nantinya dapat membentuk jejaring. Dengan demikian, diharapkan dapat terjadi upaya saling tukar informasi, baik skil maupun pengalaman selama mendapatkan beasiswa unggulan tersebut.
Penulis: R.A. Khairun Nisa/Penerima Beasiswa Unggulan-Mahasiswa Magister Sains Psikologi UI

tanggapan saya : semoga dana nya nggak di gerogorin tikus

Selasa, 01 Februari 2011

Scholarship to Japan or UK? Take your pick

JAKARTA: The application process for Japan’s Ajinomoto scholarship for ASEAN international students and the United Kingdom’s Chevening scholarship, both for graduate studies, has been opened this year.
The Ajinomoto scholarship expects to award one student from each of the five ASEAN countries: Thailand, Indonesia, the Philippines, Vietnam and Malaysia. Hopefuls would apply for the academic year including engineering, natural science, pharmaceuticals, agriculture and life sciences (excluding veterinarian and medical sciences), mathematical science and interdisciplinary information studies.
The application deadline is March 31 this year.
More information is available at www.ajinomoto.co.th.
For those who wish to enroll in graduate studies with English instruction, they may apply for the Chevening scholarship. The UK embassy in Jakarta recently announced on its website, http://ukinindonesia.fco.gov.uk, that the program was actually under a review after the UK government cut the public sector budget.
Final decisions regarding requirements, eligibility, target areas and study areas for the academic year 2011/2012 will be reached at the end of January, the website said. “But we decided to open the application process for Indonesia through the site: https://www.chevening.fco.gov.uk/CheveningApplications/CA_Start.aspx.” –JP


Source: The Jakarta Post, Saturday, January 29th 2011

Senin, 31 Januari 2011

Surat Resmi (insya Allah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan berhasil dikonfirmasi)




Jakarta, 14 Januari 2011

Nomor : 01/PI/2011
Lampiran : Dua lembar
Perihal : Permohonan izin wawancara

Yth. Bapak Seto Mulyadi
Jalan Taman Cirendeu Permai 13
Jakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka menyusun gagasan tertulis kami dalam karya ilmiah yang berjudul “Kreativitas Pengajar dan Pihak Terkait Dalam Peningkatan Daya Guna Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Jatinangor”, kami meminta izin wawancara seputar topik tersebut terhadap Bapak.
Perlu diperhatikan bahwa kemampuan berbahasa Inggris pada banyak siswa di Jatinangor sangat memperihatinkan. Keterangan selengkapnya kami lampirkan bersama surat ini.
Adapun kontak yang bisa dihubungi jika Bapak ingin mengonfirmasi waktu wawancara adalah Jennifer ( 089xxxxxxxxx / xxxxxxxxxx@yahoo.com ).
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan dengan harapan mendapat perhatian dari Bapak. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua Kelompok




Istikomah













Lampiran 1


Kemampuan Berbahasa Inggris yang Memperihatinkan

Jennifer

Kemampuan berbahasa Inggris seperti apa yang anda bayangkan jika melihat siswa / siswi kelas 5 dan 6 SD? Jika melihat kemajuan iptek dan globalisasi seperti sekarang ini, tentu kita akan membayangkan seorang siswa / siswi kelas 5 dan 6 SD sudah bisa memahami lagu yang menggunakan bahasa Inggris dengan cepat. Jika kita membuka majalah anak-anak, tak jarang yang menuliskan cara memperindah tampilan Twitter atau cara mengaktifkan aplikasi tertentu pada Facebook dan aplikasi tersebut menggunakan bahasa Inggris.
Apakah kemampuan berbahasa Inggris siswa / siswi di Jatinangor sama dengan siswa / siswi di SD Besuki Menteng Jakarta? Banyak sekali siswa / siswi kelas 5 dan 6 SD yang belum bisa mengeja namanya sendiri dalam bahasa Inggris. Mereka merasa tidak percaya diri menggunakan bahasa Inggris dan sudah mengecap dirinya sendiri tidak bisa berbahasa Inggris. Salah satu penyebab tidak percaya diri bagi mereka adalah kesulitan menyebut huruf F dan P. Kita tentu sudah merasa tidak asing lagi mendengar beberapa orang sunda tulen sering tertukar dalam menyebutkan huruf F dan P.
Mereka seharusnya sudah memahami sedikit tentang gramatikal bahasa Inggris, namun kemampuan mereka jauh tertinggal dari materi yang diajarkan oleh gurunya. Beberapa guru yang sudah menyerah mengajarkan mereka bahasa Inggris, hanya mengajar terus menghadap papan tulis dan jarang menoleh ke belakang. Sementara beberapa mahasiswa yang berkuliah di Jatinangor, lebih memilih mengikuti seleksi student exchange yang kegiatannya adalah menjadi volunteer yang mengajarkan bahasa Inggris terhadap anak-anak di negara berkembang lainnya, dibandingkan membantu guru-guru di Jatinangor.














Lampiran 2

Biodata Pewawancara

I
Nama : Jennifer
Tempat, tanggal lahir : Jxxxxx, 01 Febuari 2011
Tempat tinggal : Jalan xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx, Jxxxxxx Pusat
Kode pos : 10000
Pekerjaan : Mahasiswa, wartawati lepas kontrak (freelance) di Harian Ibukota, penyiar di Mtaz Radio (107,8 FM) yang berlokasi di Jatinangor
Pendidikan : Sedang berkuliah di Universitas Padjadjaran, jurusan Sastra Inggris, program S1
Handphone : 089xxxxxxxxxx
Email : xxxxxxxxxx@yahoo.com

I I
Nama : Kartika
Tempat, tanggal lahir : Kxxxxxx, 1 juli 2011
Tempat tinggal : Jalan xxxxxxxxxxxxxxxx, Jawa Barat
Kode pos : 4xxxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Pendidikan : Sedang berkuliah di Universitas Padjadjaran, jurusan Sastra Inggris, program S1
Handphone : 0812xxxxxxxxx
Email : xxxxxxxxxxx@rocketmail.com